Sabtu, 25 Oktober 2014
home ENGLISH
LPP  |  Pusinfo  |  Perpustakaan  
Tentang Kami Produk Agenda Berita Galeri Alumni
 
 
 
 

 
Majalan Empat Bulanan LPPcom Perpustakaan LPP
 
 
 
STIPAP Medan


Perkembangan industri perkebunan kelapa sawit dan karet di Indonesia saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Namun, hal ini tidak diimbangi dengan kesiapan pengembangan sistem dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agribisnis Perkebunan (STIP-AP) didirikan oleh Yayasan Pendidikan Perkebunan (YPP) yang merupakan salah satu unit mandiri Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP), sebagai solusi dari persoalan tersebut. Diharapkan STIP-AP mampu memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja siap pakai berkualifikasi D4 dibidang agribisnis dan agroteknologi perkebunan, sesuai dengan tuntutan dan perubahan bisnis perkebunan.



1. Visi

Menjadi institusi pendidikan tinggi yang mampu mencetak Sarjana Sains Terapan profesional dan berkarakter yang memiliki kualifikasi nasional dan internasional di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet.

2. Misi
  1. Melaksanakan proses pendidikan tinggi secara profesional yang berorientasi kepada knowledge, teknologi, dan budaya, sehingga mampu menghasilkan SDM profesional bidang kelapa sawit dan karet yang berkarakter, kompeten, dan adaptif.
  2. Melaksanakan hubungan profesional yang saling membangun dengan industri dan masyarakat perkebunan, sehingga STIP-AP mampu berperan secara optimal dalam pembangunan agroindustri perkebunan.
  3. Melaksanakan kajian, penelitian, dan pengabdian masyarakat perkebunan secara khusus dan masyarakat luas pada umumnya.
  4. Melaksanakan pengembangan institusi STIP-AP yang dinamis dan mengikuti perubahan terhadap perkembangan dan kebutuhan industri, sehingga STIP-AP mampu menjadi institusi pendidikan tinggi yang kredibel, baik tingkat nasional maupun internasional.
3. Sasaran
  • Orientasi Proses Pendidikan
    1. Pelaksanaan pengelolaan pendidikan sejalan dengan Sistem Pendidikan Nasional dan perangkat aturannya.
    2. Perencanaan dan pengembangan mutu penyelenggaraan pada aspek calon mahasiswa, pengajar, sistem pengelolaan, kurikulum, materi, metode pengajaran, sarana prasarana pendukung, dan mutu evaluasi.
    3. Pencapaian proses manajemen organisasi bisnis pendidikan berdasar Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2000
    4. Pengembangan infrastruktur, organisasi, dan profesionalisme edukatif.
    5. Pengembangan hubungan institusi pendidikan dengan masyarakat dan perusahaan perkebunan.

  • Orientasi Produk Lulusan
    1. Memposisikan lulusan Diploma IV setara dengan strata S1 dengan menguatkan citra profesionalisme kompetensi di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet.
    2. Lulusan berkualifikasi sebagai teknolog, manajer, dan enterpreneur yang mampu berperan dalam pembangunan agribisnis perkebunan di Indonesia.
    3. Mengupayakan tingkat penyerapan lulusan sarjana STIP-AP secara optimal di perusahaan perkebunan negara (BUMN), swasta nasional dan swasta asing serta masyarakat perkebunan secara umum.

5 Alasan studi di STIP-AP
  1. Sekolah Tinggi Profesional DIPLOMA IV satu-satunya di Indonesia yang fokus pada bidang perkebunan kelapa sawit dan karet, dengan lulusan bergelar Sarjana Sain Terapan (SST)
  2. Sekolah Tinggi Bidang Perkebunan yang berlokasi di SUMUT yang merupakan sentra industri kelapa sawit dan karet strategis di Indonesia.
  3. Berpengalaman di bidang perkebunan, serta memiliki hubungan kuat dengan perusahaan perkebunan BUMN dan Swasta, serta institusi pendidikan di dalam dan luar negeri.
  4. Dibimbing oleh pengajar profesional dari akademisi, konsultan dan praktisi di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet.
  5. Lulusan memiliki kompetensi teknis dan manajerial yang mampu mengelola unit produksi di perusahaan perkebunan (tanaman dan pabrik pengolahan) sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri perkebunan.
Fasilitas
  1. Ruang kuliah yang representatif
  2. Gedung perkuliahan terpadu pada lokasi kampus seluas 5 hektar, dengan kualifikasi nyaman untuk belajar.
  3. Laboratorium Praktikum
  4. Laboratorium komputer, tanah, kimia dan fisika, biologi, UPT Kebun, UPT Pembibitan dan UPT Perbengkelan membantu mahasiswa lebih efektif dalam belajar.

Program Studi
  1. Budidaya Perkebunan (BP)
  2. Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP)
website: http://www.stipap.ac.id/
 
Kantor Pusat LPP / Jl. LPP No.1 (Jl. Urip Sumoharjo) Yogyakarta 55222 Telp.: +62 274 586201 / Fax: +62 274 513849 / e-mail: pusat@lpp.ac.id
Hak Cipta © 2009. Lembaga Pendidikan Perkebunan. Hak Cipta Dilindungi.