Senin, 24 November 2014
home ENGLISH
LPP  |  Pusinfo  |  Perpustakaan  
Tentang Kami Produk Agenda Berita Galeri Alumni
 
 
 
 

 
Majalan Empat Bulanan LPPcom Perpustakaan LPP
 
 
 
Politeknik LPP


Pusat Penyedia Tenaga Profesional Bidang Perkebunan Sejak Tahun 1950
 
MEMPERSIAPKAN TENAGA PROFESIONAL PERKEBUNAN
MELALUI JALUR PROGRAM DIPLOMA 3
 
Cikal bakal berdirinya Politeknik LPP merupakan pengembangan dari College Gula Negara (CGN) yang didirikan tahun 1950 untuk menyiapkan tenaga ahli gula Indonesia. Pada tahun 1960 CGN berubah menjadi Akademi Gula Negara (AGN) yang masih mempersiapkan tenaga ahli bidang pergulaan. Pada tahun 1970, cakupan kegiatan lembaga ini tidak hanya lingkup pergulaan, namun juga berkembang ke lingkup aneka tanaman, dan untuk itu AGN berubah menjadi Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP). Dibentuknya LPP ini dalam rangka mempersiapkan SDM lingkup perkebunan, khususnya BUMN Perkebunan.

Seiring dengan perkembangan dan dinamika lingkungan bisnis perkebunan dan atas dukungan BUMN Perkebunan, LPP membuka program pendidikan untuk mempersiapkan tenaga terampil yang akan memasuki industri perkebunan dan dari sinilah Politeknik LPP didirikan.

Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Perkebunan Yogyakarta yang didirikan oleh LPP Yogyakarta, Politeknik LPP didirikan dan ditetapkan dengan SK Mendikbud No. 66/D/O/1997 dan SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 319/Dikti/Kep/1998. Berdasarkan kedua SK tersebut, Politeknik LPP merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Program Diploma 3.

Visi dan Misi
Dalam menjalankan program dan kegiatan, Politeknik LPP selalu berpedoman pada Visi dan Misi. Visi yang dicanangkan adalah : Politeknik LPP bercita-cita ingin menjadi pusat penyedia tenaga kerja menengah yang terbaik di Indonesia, khususnya lingkup perkebunan. Adapun Misi Politeknik LPP adalah mendukung pengembangan industri di Indonesia melalui penyediaan SDM yang profesional sesuai dengan kebutuhan industri, terutama industri perkebunan.

Program Diploma 3

Tujuan program ini adalah mempersiapkan tenaga terampil level menengah lingkup agroindustri, khususnya lingkup perkebunan. Sesuai dengan lingkup operasional industri perkebunan, Politeknik LPP membuka program studi yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta kurikulum yang selalu disesuaikan dengan dinamika perubahan lingkungan bisnis. 

Politeknik LPP membuka 4 Program Studi (PS), yaitu :

  • Budidaya Tanaman Perkebunan: mempersiapkan tenaga terampil siap kerja bidang agronomi (budidaya tanaman).
  • Teknik Mesin: mempersiapkan tenaga terampil siap kerja bidang perawatan mesin industri di pabrik.
  • Teknik Kimia: memperispkan tenaga terampil siap kerja bidangpengolahan hasil komoditi perkebunan.
  • Akuntansi: mempersiapkan tenaga terampil dan siap kerja bidangadministrasi dan keuangan.
 
Pola Pengajaran
Sesuai dengan visi dan misi, pola pendidikan dan pengajaran di Politeknik diorientasikan untuk mencetak tenaga terampil yang langsung siap bekerja di industri perkebunan. Pola pengajaran yang dilakukan di Politeknik dengan menggabungkan aspek pengetahuan, keterampilan, serta sikap/perilaku.

Pembekalan pengetahuan dan keterampilan dilaksanakan dalam bentuk kuliah dan praktikum di laboratorium/industri selama 6 semester, sedangkan untuk memperdalam/memantapkan pengetahuan/keterampilan serta membentuk sikap/perilaku yang sesuai dengan tuntutan kerja, dilaksanakan melalui program magang secara terintegrasi. Program magang dilaksanakan di perusahaan negara/swasta lingkup agroindustri dengan tahapan sebagai berikut :

  • Tingkat I (Tahun I) : orientasi magang untuk pengenalan industri.
  • Tingkat II (Tahun II) : orientasi magang untuk memperdalam kompetensi teknis.
  • Tingkat III (Tahun III) : orientasi magang untuk memperdalam kompetensi manajerial/pengelolaan kegiatan.
 
Program Link and Match
Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan Politeknik LPP agar sesuai dengan kebutuhan indsutri, upaya yang ditempuh adalah selalu menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri, pemilihan pengajar dari akademisi dan praktisi, serta melaksanakan program magang secara konsisten.
 
Salah satu upaya dalam mempersiapkan lulusan agar benar-benar siap bekerja, Politeknik berupaya semaksimal mungkin untuk selalu menjalin kerja sama dengan dunia indsutri dalam program magang ataupun penyaluran lulusan (link and match).
 
Beberapa perusahaan yang merupakan mitra kerja Politeknik LPP berasal dari instansi/perusahaan negara maupun dari perusahaan swasta.

Instansi/perusahaan tersebut adalah sebagai berikut :

  • PT Perkebunan Nusantara
  • Dinas Perkebunan
  • PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI)
  • PT Gemareksa Mekarsari
  • PT Meta Epsi Agro
  • PT Ukindo Plantation
  • PT Astra Agro Lestari
  • PT Alam Raya Kencana Mas
  • PT Musirawas Citra Harpindo
  • PT Riau Sakti Plantation
  • PT Socfindo
  • PT Sahabat Lingkungan Hidup
  • Sugar Group Companies
  • PT Swakarsa Sinar Sentosa
  • PT Smart Tbk 16. Dan lain-lain

Pengalaman Politeknik
Selain menyelenggarakan program Diploma 3 Politeknik LPP juga melaksanakan berbagai pelatihan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki antara lain Pelatihan Pembekalan Lulusan Diploma 3 yang merupakan kerjasama Politeknik LPP dengan TPSDP DITJEN DIKTI. Program yang telah dilaksanakan adalah bidang Agriculture Technology dan Accounting pada tahun 2005 dan bidang Agriculture Technology dan Chemical Engineering pada tahun 2006.

Politeknik LPP juga dipercaya oleh DIKTI untuk melaksanakan Program Hibah Kompetisi (PHK) A1 dan Hibah Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP) pada tahun 2005 dan 2006. Arah dari pemberian program ini adalah untuk peningkatan mutu pendidikan yang meliputi peningkatan mutu proses pembelajaran, peningkatan sarana dan prasarana (Bahan Literatur dan Kompueter), peningkatan kualitas mahasiswa, dosen dan lulusan yang berbasis pada kapasitas dan kapabilitas Politeknik LPP.


Fasilitas Pembelajaran

Politeknik LPP dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai meliputi :

  1. Ruang Kuliah dan Multimedia
  2. Lab Bahasa
  3. Perpustakaan dan Fasilitas Internet
  4. Poliklinik
  5. Lab. Kimia dan Fisika
  6. Lab. Teknologi Hasil Samping
  7. Unit Pelatihan Proses (miniplant)
  8. Lab. Ilmu logam dan Pengujian bahan
  9. Lab. Komputer dan CAD
  10. Lab. Gambar dan Perencanaan
  11. Lab. Motor Bakar
  12. Lab. Mesin Perkakas
  13. Lab. Konstruksi dan Las
  14. Lab. Elektronika
  15. Lab. Akuntansi
  16. Lab. Perpajakan
  17. Kebun Percobaan Mekanisasi Pertanian
  18. Balai Latihan Kerja
  19. Lab. Tanah & Pupuk, Bercocok Tanam, Proteksi
 

 
 
Kantor Pusat LPP / Jl. LPP No.1 (Jl. Urip Sumoharjo) Yogyakarta 55222 Telp.: +62 274 586201 / Fax: +62 274 513849 / e-mail: pusat@lpp.ac.id
Hak Cipta © 2009. Lembaga Pendidikan Perkebunan. Hak Cipta Dilindungi.