Kerjasama MMA-LPP-UGM
Membangun Agribisnis Perkebunan Masa Depan
 

MMA-1Program studi MAGISTER MANAJEMEN AGRIBISNIS (MMA) – KELAS EKSEKUTIF PERKEBUNAN, merupakan pendidikan lanjutan Strata-2 (S2) bagi para profesional dan praktisi perkebunan, yang memadukan secara seimbang unsur-unsur pengetahuan, manajemen-bisnis dengan teknologi mutakhir di bidang pertanian, khususnya perkebunan. Program ini memadukan pula secara seimbang pengetahuan yang berasal dari para akademisi berkualifikasi Doktor dan Master, dengan praktisi yang pengalaman dibidang agribisnis. Program ini memberikan kesempatan para manajer dan eksekutif di perusahaan dan atau lembaga serta instansi yang terkait dengan agribisnis perkebunan, yang telah menempuh pendidikan S1, untuk meningkatkan kualifikasi akademiknya.

Program Studi Magister Manajemen Agribisnis Universitas Gajah Mada (MMA-UGM) diselenggarakan mulai tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 208/DIKTI/Kep/1999 tertanggal 6 Mei 1999.

Tujuan
  • Mendidik dan mempersiapkan jenjang S2 bidang Manajemen Agribisnis Perkebunan agar mampu memberi kontribusi dalam peningkatan kinerja perusahaan dan  berperan aktif dalam pembangunan pertanian secara nasional dan internaisonal.
  • Melakukan pengkajian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, konsep dan pemikiran baru di bidang manajemen agribisnis perkebuna

Keunggulan

  1. Kurikulum dan silabus disusun bersama antara LPP dan Fakultas Pertanian UGM sehingga materi dan kasus yang diberikan akan lebih banyak berbasis pada bisnis perkebunan
  2. Thesis bisa diarahkan pada permasalahan yang terkait dengan bidang tugas di perusahaan perkebunan  masing-masing
  3. Kuliah bisa dilaksanakan di Medan, Pekanbaru, Surabaya atau Yogyakarta sesuai lokasi perusahaan
  4. Kuliah dilaksanakan week-end (Jumat malam-Sabtu-Minggu)
  5. Durasi penyelesaian studi lebih singkat
  6. Alumni Kursus Jabatan mendapat pengakuan SKS
  7. Biaya kuliah alumni Kursus Jabatan murah
  8. Ijasah dari UGM yang merupakan universitas terkemuka bertaraf internasional dengan gelar akademik M.Sc.

Kurikulum

Kurikulum MMA Kelas Eksekutif Perkebunan didasarkan pada kurikulum MMA-UGM.Secara khusus, kurikulum MMA Kelas Eksekutif Perkebunan telah mengakomodasi alumni Kursus Jabatan  (KJB) yang diselenggarakan oleh LPP, yaitu Kursus Manajemen Perkebunan Lanjutan (KMPL), Senior Executive Development Program (SEDP), Kursus Manajemen Perkebunan (KMP), dan Senior Management Development Program (SMDP) melalui penyetaraan dan pembebasan SKS dengan jumlah tertentu.