• Ruthless Execution

    Judul Buku: Ruthless Execution (How Bussiness Leaders Manage Through Turbulent Times) –  2nd Ed.
    Pengarang: Amir Hartman, Craig Legrande
    Tahun Terbit: 2015

    Buku Kedua Terbit setelah menuai sukses di Buku Pertamanya dengan Tema yang sama “Ruthless Execution

    Amir Hartman dan Craig Legrande adalah seorang ahli ekonomi bisnis internasional dan temasuk dalam member ahli ekonomi dunia. Member dari narasumber Bussiness School of Havard University ini menulis dua buah buku sebagai acuan para pelaku bisnis atau manager bisnis dalam menghadapi kondisi bisnis yang turbulen dan tidak menentu akhir-akhir ini. Para pemimpin perusahaan atau sebuah bisnis, pada masa sekarang ini dihadapkan pada persoalan yang tidak mudah bahkan sangat sulit diprediksi. Kondisi bisnis yang sangat turbulen dapat mengombang-ambingkan kondisi perusahaan. Untuk itu, seorang manager yang modern harus harus mempunyai strategi baru bagaimana memimpin perusahaan dalam kondisi yang sangat dinamis, sehingga perusahaan bisa bertahan dan mencapai kesuksesan.

    Menurut penulis, dengan munculnya kondisi ekonomi yang turbulen, realisasi kondisi bisnis yang menyerupai roller coaster, dan dengan semakin banyak perusahaan jatuh saat mereka berada di puncak, perlu sebuah terobosan bagi para pimpinan perusahaan berfikir kreatif dan berani mengambil keputusan dalam kondisi terdesak, tanpa membuat perusahaan dalam kondisi terpuruk. Dari judul bukunya “Ruthless Execution” yang berarti eksekusi kejam, menimbulkan banyak pertanyaan dan penasaran pembaca, apa yang sebenarnya diulas penulis dalam bukunya. “Ruthless Execution”, judul buku ini adalah sebuah judul yang menarik. Dalam buku ini, Amir Hartman dan Craig Legrande mengidentifikasi pendekatan primer dan teknik untuk menjaga perusahaan yang berada dalam kondisi ekonomi dan tantangan pasar. Dalam edisi kedua dari buku ini, manager dan eksekutif akan belajar kapan dan bagaimana untuk mencari keseimbangan antara kinerja dan pertumbuhan perusahaan.

    Dalam buku ini, dijelaskan bagaimana mencapai keseimbangan tersebut dengan cara identifikasi kondisi bisnis seperti kemauan customer, kebijakan pemerintah, dan, kondisi ekonomi global. Selain itu, buku ini mengulas bagaimana penentuan keputusan bagi modern manager yang mungkin itu dianggap sedikit kejam bagi para pelaku bisnis, tetapi pengambilan keputusan ini adalah langkah tepat. Penjelasan di dalam buku banyak mengambil kasus dari perusahaan-perusahaan besar yang bertahan dalam kondisi ekonomi global yang turbulen.

    Buku ini bisa dijadikan penduan para pimpinan perusahaan dalam penentuan strategi barunya dalam menghadapi kondisi tak menentu pada masa sekarang ini. Kata “kejam” dalam judul buku ini merupakan gambaran kejamnya kondisi tantangan bisnis saat ini yang menuntut pimpinan untuk membuat keputusan yang takstis. “Bertahan pada kondisi bisnis yang turbulen adalah hal yang pasti bisa dilakukan perusahaan, asalkan dengan perencanaan yang matang” itu inti dari buku ini.

    (KNT | LPPCom vol. 18 no.1- 02-16)

Leave a reply

Cancel reply