• Re-design-leadership-development-program

    Re-design-leadership-development-program

    PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan akan memberdayakan lembaga riset perkebunan PT Riset Perkebunan Nusantara dan Lembaga Pendidikan Perkebunan dalam upaya memperbaiki teknologi dan budi daya perkebunan.

    “Upaya itu untuk mendukung perbaikan kinerja ‘on farm’, ‘off farm’, dan hilirisasi,” kata Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) Holding Perkebunan Elia Massa Manik di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta, Senin 9 Januari 2017.

    Di sela sosialisasi “Re-Design Leadership Development Program PTPN III (Persero) Holding Perkebunan”, Elia Massa mengatakan saat ini sedang dikaji peluang internalisasi kedua lembaga riset dan pendidikan tersebut ke induk holding.

    “Dengan demikian diharapkan akan terjadi penguatan fungsi PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) dalam ‘Research Activity’ dan LPP sebagai ‘Corporate University’,” katanya.

    Menurut dia, PTPN III Holding Perkebunan juga mengembangkan hilirisasi sebagai upaya untuk pengembangan usaha agar tidak terjebak dalam komoditas “trap”. Holding memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei seluas 1.933,80 hektare.

    “KEK Sei Mengkei itu memiliki kegiatan utama industri pengolahan kelapa sawit, industri pengolahan karet, logistik, dan pariwisata,” katanya.

    Ia mengatakan saat ini juga sedang dibangun pabrik minyak goreng dengan kapasitas 600.000 ton CPO per tahun yang dimiliki oleh PT Industri Nabati Lestari –perusahaan “joint venture” antara PTPN III dan PTPN IV (anak perusahaan).

    “Pembangunan pabrik minyak goreng itu saat ini sudah mulai konstruksi dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2018,” katanya.

    Ia mengemukakan PTPN III Holding Perkebunan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan usaha utama antara lain pengusahaan budi daya tanaman (pembukaan lahan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan serta pemungutan hasil tanaman), produksi (penerimaan dan pengolahan hasil tanaman).

    Selain itu perdagangan (pemasaran hasil produksi), pengembangan usaha bidang perkebunan, agrowisata, agrobisnis, agroindustri, dan agroforestri, serta usaha lain sesuai anggaran dasar perseroan.

    Menurut dia, komoditas yang diusahakan adalah kelapa sawit, karet, tebu, teh, kopi, kakao, tembakau, aneka kayuan, buah-buahan, dan aneka tanaman lainnya.

    “PTPN III Holding Perkebunan merupakan induk holding dari PTPN I sampai dengan PTPN XIV sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2014,” kata Elia Massa.(ant)

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews) Hacked By BALA SNIPER

Leave a reply

Cancel reply