• Anak Petani Dilatih Kelola Kebun Kelapa Sawit

    BANYUASIN, PE – Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang parka-bunan kelapa sawit, Lembaga Pendidikan Perkebunan bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit menyelenggarakan pelatihan teknologi dan manajemen kebun kelapa sawit bagi siswa smk pertanian/perkebunan.

    Kegiatan yang dipusatkan di aula SMK PP Sembawa diikuti 7 sekolah yakni SMKN 2 Bengkulu Selatan, SMK PP Bengkulu, SMK PP Padang Jaya Bengkulu Utara, SMKN 2 Muko-Muko, SMKPP N Sembawa, SMK PP Musi Rawas dan SMKN 2 Banyuasin.

    Kepala Biro Pendidikan dan Pelatihan BPDPKS Aries Sukariawan mengatakan perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu kekuatan ekonomi di pedesaan. Untuk pengelolaanya perlu Sumber Daya Manusia (SDM) baik sebagai pemilik maupun berkiprah di industri kelapa sawit. “Fakta menunjukkan kondisi perkebunan kelapa sawit masih belum menggembirakan baik dari aspek produksi, manajemen, SDM, kelembagaan maupun permodalan,” kata dia kepada Palembang Ekspres, Selasa (22/3).

    Salah satu faktor kunci keberhasilan pengelolaan perkebunan kelapa sawit adalah SDM dan memiliki kemampuan memadai dalam aspek teknologi maupun manajemen kebun kelapa sawit. “Melalui program pelatihan ini, siswa yang merupakan anak petani, berharap sewaktu-waktu nanti dapat muncul minimal untuk keluarganya maupun industri sawit,” tuturnya Sementara itu, Kepala Kampus LPP Medan Bambang Edi Saputro mengharapkan siswa yang mengikuti pelatihan ini harus bersungguh-sungguh, jangan sia-siakan kesempatan selama waktu 13 hari, dari 22 Maret sampai 4 April 2016.

    “Siswa dibekali bagaimana mengelola kebun kelapa sawit yang baik dan benar dengan diberikan pemahaman dan waswasan untuk membantu mengembangkan kelapa sawit di daaerah,”.

    Lanjutnya, apalagi pesertanya sekolah-sekolah pilihan. Dirinya menghimbau manfaatkan sebaik-baiknya materi- materi yang disajikan narasumber. “Mudah-mudahan program ini tidak hanya berhenti di angkatan yang ke 4, saya berharap terus berlanjut,” pungkasnya.

    Sumber: Palembang Ekspres