• Assessment Center

    Human resources are like natural resources; they’re often buried deep.You have to go looking for them, they’re not just lying around on the surface. You have to create the circumstances where they show themselves. -Ken Robinson

    Sebuah entitas bisnis akan terus berproses, berkembang dan maju jika pemegang jabatan di dalamnya memiliki kompetensi yang tepat dan mampu menjalankan tugas serta tanggung jawabnya sesuai dengan harapan. Dibutuhkan pengelolaan yang tepat terhadap seluruh karyawan sehingga mereka mampu menampilkan yang terbaik dari diri mereka masing ­masing. Tepat seperti adagium di atas bahwa talenta yang dimiliki sumber daya manusia mirip dengan sumber daya alam, yang kadang terpendam jauh di dalam perut bumi. Demikian juga manusia, tidak selamanya mereka mudah menampilkan potensi yang mereka miliki dalam bentuk prestasi dan inovasi yang mereka lakukan dalam pekerjaan, namun dibutuhkan juga lingkungan yang mendukung dalam memunculkan talenta yang mereka miliki.

    Pengelolaan SDM yang tepat dan lingkungan yang mendukung akan mendorong munculnya kinerja luar biasa dari setiap karyawan. Proses pengelolaan SDM dalam setiap perusahaan dilakukan mulai dari proses rekrutmen karyawan sampai proses retirement.

    Lembaga Pendidikan Perkebunan sebagai penyedia jasa yang bergerak di bidang konsultansi dan pendidikan memiliki divisi Assessment Center yang menyediakan layanan rekrutmen dan seleksi karyawan, pemetaan karyawan, penempatan dan promosi jabatan karyawan, feedback dan counseling bagi karyawan, dan bahkan pendampingan karyawan dan keluarganya dalam meningkatkan well being karyawan di tempat kerja. Assessment Center LPP telah memiliki pengalaman yang panjang dalam hal tersebut di atas. Setiap langkah dan proses yang kami lalui selalu memberikan pembelajaran yang memperkaya dan mematangkan kompetensi kami. Pengenalan yang mendalam mengenai budaya perkebunan merupakan salah satu keunggulan kami sehingga mempertajam keakuratan dalam menempatkan SDM pada posisi yang sesuai.

    Atas dasar pemikiran inilah, kami mengajukan proposal kerjasama dalam proses rekrutmen dan seleksi, pemetaan karyawan, feedback dan counseling bagi karyawan dan pendampingan karyawan.

    PROGRAM DAN METODE

    A. Rekrutmen dan Seleksi

    Program rekrutmen dan seleksi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM perusahaan. Rekrutmen dapat dilakukan melalui jalur internal dan eksternal, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pada setiap pelaksanaan rekrutmen dan seleksi, diperlukan persiapan awal untuk menyamakan persepsi dengan masing-masing perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dalam menentukan kurun waktu pelaksanaan, kriteria seleksi, dan hasil yang diharapkan. Metode dan tahapan dalam setiap proses rekrutmen dan seleksi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Namun demikian, tahapan seleksi yang biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:

    B.  Pemetaan Karyawan

    Program pemetaan karyawan dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan SDM yang dimiliki oleh perusahaan pada posisi jabatan masing-masing. Hasil pemetaan dapat digunakan untuk tindakan pengembangan yang spesifik bagi karyawan agar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara lebih optimal. Selain itu, hasil pengembangan dapat digunakan untuk menempatkan karyawan pada posisi yang sesuai dengan talenta yang dimiliki. Metode pemetaan disesuaikan dengan kebutuhan masing­masing perusahaan. Secara umum pada assessment untuk tujuan pemetaan ini, peserta diberi penugasan tertulis, eksplorasi manajerial, eksplorasi kepemimpinan, in-depth interview, dan leaderles group discussion.

    C. Feedback dan Counseling

    Program feedback dan counseling merupakan program yang diberikan kepada karyawan agar mereka memahami kekuatan dan kelemahan yang dimiliki agar dapat melakukan rencana pengembangan mandiri sehingga lebih optimal dalam menjalankan tugasnya. Pada umumnya feedback dan counselingd ilakukan secara tatap muka.

    D. Pendampingan Karyawan

    Program pendampingan karyawan biasa diberikan bagi karyawan yang membutuhkan, misal bagi karyawan yang mengalami masalah penyesuaian diri dengan lingkungan kerja, karyawan yang bermasalah dalam interaksi interpersonal, atau karyawan yang tidak menunjukkan kinerja yang sesuai dengan harapan, dan sebagainya. Pelaksanaan pendampingan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu / perusahaan.

     

    ASSESSOR & TENAGA PROFESIONAL

    Assessment Center LPP memiliki assessor & tenaga profesional dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bidang assessment dan people development.

    KLIEN YANG PERNAH BEKERJASAMA

    Klien yang pernah bekerjasama, terkait dengan kegiatan rekruitmen,seleksi,  pemetaan karyawan, feedback dan pendampingan karyawan antara lain adalah  sebagai berikut:

    1. PT Perkebunan Nusantara VII (Persero)
    2. PT Perkebunan Nusantara IX (Persero)
    3. PT Perkebunan Nusantara X Persero)
    4. PT Perkebunan Nuantara XI (Persero)
    5. PT Perkebunan Nusantara XII (Persero)
    6. PT Perkebunan Nusantara XIII (persero)
    7. PT PG Rajawali I
    8. PT PG Rajawali II
    9. PT Industri Gula Nusantara
    10. PT Royal Indo Mandiri
    11. PT Industri Gula Glenmore
    12. PT Gendis Multi Manis
    13. PT JA Wattie
    14. PT Madu Baru
    15. PT Sari Husada
    16. PT Bisma Dharma Kencana
    17. PT Andalan Furnindo Sugar Refinery
    18. Balai Penelitian Sembawa
    19. Balai Penelitian Getas

    Pengelolaan SDM secara terintegrasi sudah menjadi kebutuhan bagi setiap organisasi/perusahaan agar SDM merasakan kesejahteraan psikologis sehingga mereka dapat memberikan komitmen dan kinerja terbaiknya. Setiap hasil yang besar, takkan pernah lepas dari langkah kecil, dan kita dapat memulainya sekarang.Mari jabat erat, mengenal lebih dekat.

    Ingin tahu lebih jauh lagi silakan kontak: Agnes Isti Idawati atau Feby Dwiardiani (0274) 586201 ext. 225.

Leave a reply

Cancel reply