• MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS TI





    Pelatihan diadakan pada tanggal 25 s/d 29 Oktober

    Dewasa ini kemajuan yang pesat di bidang Teknologi Informasi telah merambah
    ke Perpustakaan, sehingga perpustakaan bukan hanya sebagai tempat menyimpan
    buku lagi, namun lebih ke arah tempat penyimpanan pengetahuan (Knowledge Management).

    Salah satu persyaratan perpustakaan dengan kategori tersebut adalah pada kecepatan
    dalam mencari materi yang dikehendaki, serta kemudahan dalam pengelolaannya.
    Untuk itu peranan TI sangat menunjang.

    SliMs (Senayan Library Management Systems) adalah salah satu aplikasi yang
    dapat digunakan untuk mengelola perpustakaan secara digital, yang berlisensi
    open source. Dengan lisensi ini, maka kita dapat memanfaatkan, mengubah aplikasi
    tersebut dengan leluasa tanpa harus melanggar UU HAKI.
    SliMs adalah aplikasi yang menerima penghargaan pertama pada INAICTA 2009 yang
    diselenggarakan oleh Depkominfo. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh software
    ini cukup lengkap sehingga dapat mengimbangi aplikasi perpustakaan berbayar
    dengan nilai sekitar Rp 30.000.000. Terbukti dari jumlah penerap yang telah
    melebihi dua ratus instansi di Indonesia, maupun Luar Negeri (Jerman, Spanyol,
    Timur Tengah, Malaysia, Brunei, India, dll)

    Aplikasi SLIMS yang berbasis Web ini memiliki kemampuan untuk :

    • Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate
      on-the-fly. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku
    • Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat
      lanjut (Advanced Search)
    • Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk
      kebutuhan web service.
    • Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
    • Manajemen master file untuk data referensial seperti GMD (General Material
      Designation
      ), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain?
    • Sirkulasi dengan fitur:
      o Transaksi peminjaman dan pengembalian
      o Reservasi koleksi
      o Aturan peminjaman yang fleksibel
    • Manajemen keanggotaan
    • Inventarisasi koleksi (stocktaking)
    • Laporan dan Statistik
    • Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk selain latin.
    • Modul sistem dengan Fitur:
      o Konfigurasi sistem global
      o Manajemen modul
      o Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup
    • Sistem Pengamanan
    • Pengelolaan Langganan Berseri (Majalah, Tabloid, Koran, dll)

    Aplikasi ini juga memiliki dukungan kuat dari komunitas Pustakawan, dan pengembangnya.
    Hal ini membuat laju pengembangan aplikasi, sangat terasa. Hasil pengembanganpun
    selalu dapat dimanfaatkan secara gratis. Bahkan jika dikehendaki untuk membuat
    adaptasi, juga sudah ada Lembaga penyedia layanan formal.

    Aplikasi ini adalah kesempatan emas untuk memulai penerapan pengelolaan perpustakaan
    secara digital. Mari kita manfaatkan hasil karya anak bangsa.

    TUJUAN

    • Meningkatkan keterampilan teknis peserta agar dapat menjalankan perannya
      secara optimal
    • Mengenal bagaimana menangani pengelolaan perpustakaan berbasis SLIMS
    • Dapat melaksanakan penyesuaian aplikasi SLIMS dengan kebutuhan tempat
      kerja.

    PESERTA
    Anggota Perpustakaan atau karyawan pengelola koleksi dalam instansi

     
    MATERI
    • Teknik pengelolaan koleksi perpustakaan berbasis DDC
    • Penggunaan Aplikasi SLIMS
    • Modifikasi Aplikasi SLIMS
    • Studi Banding ke Perpustakaan di Jogja

    FASILITAS

    • Tas, seminar kit dan sertifikat
    • 1 komputer praktek per peserta
    • Aplikasi Software SliMs untuk mengelola arsip
    • Mass Storage
    • Snack & Makan Siang

    WAKTU dan TEMPAT
    Pelatihan akan diadakan pada tanggal 25 s/d 29 Oktober 2010 di Lembaga Pendidikan
    Perkebunan Jogjakarta, Jl Jendral Urip Sumoharjo no 100 Jogja.

    Telp: 0274-586201 pes. 173 (Agus S),
    08121569125/08886984300 (Terra), 085292522965 (Sumpeno)
    Fax : 0274-520082
    Pelatihan akan dilaksanakan jika jumlah peserta minimal 4 orang, dan maksimal
    25 orang.

    METODE
    Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah 30% teori dan 70% praktek,
    serta diskusi

    BIAYA
    Biaya Pelatihan ini Rp 3.000.000 tanpa akomodasi, atau Rp 4.200.000 termasuk
    akomodasi & tansportasi ke tempat pelatihan (twin room). Pembayaran dapat
    ditransfer melalui Bank Mandiri Katamso Yogyakarta, nomor rekening: 137-00-8300007-1
    atas nama
    LPP Yogyakarta atau 137-00-0717342-6 atas nama LPP Kampus Yogyakarta. Harap menghubungi sekretariat dan copy bukti transfer
    harap dibawa saat pendaftaran ulang.

    PENGAJAR
    Para pengajar berasal dari LPP, dari UGM, serta praktisi pustakawan