• Pemerintah ubah sumber alokasi dana PKBL

    Binis Indonesia (21/2) JAKARTA (Bisnis): Pemerintah mengubah teknis sumber alokasi dana? Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari laba bersih ke anggaran biaya mulai tahun ini.
     
    Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengatakan perubahan tersebut sejalan dengan ketentuan undang – undang perseroan yang baru.

    "Mekanisme [sumber] beda tapi secara substantif pengalokasian dana PKBL tidak berubah," ujar Sofyan pada pembukaan pameran gelar karya PKBL BUMN, hari ini.

     

    Dia menjelaskan alokasi PKBL sebelumnya diambil dari laba bersih tahun berjalan 2,5%, tapi untuk tahun ini diperhitungkan dari biaya perseroan.
    "Bila diproyeksikan untung. Besarnya 2,5% diperhitungkan dari biaya, sehingga secara substantif tidak berubah," ujarnya.

     

    Dalam kesempatan itu, Menteri menilai pelaksanaan PKBL sudah cukup baik meski masih banyak kritik dan disefisiensi program.

     

    Terkait hal itu, pengelola program diminta memahami bahwa dana PKBL adalah amanah menyangkut pemanfaatan keuangan negara.

     

    "Saya minta tolong program dipertajam sasarannya, diperbaiki sistemnya dan ditingkatkan layanannya sehingga memberi manfaat ke masyarakat," ujarnya.(er) SLt