• PTPN dapat peringkat A dari Pefindo

    Bisnis Indonesia (11/12) JAKARTA (Bisnis): PT Pefindo menetapkan kembali peringkat A dengan outlook stabil terhadap PTPN V beserta obligasi I/2003 sebesar Rp300 miliar yang jatuh tempo pada November 2010.
     
    "Peringkat tersebut mencerminkan baiknya permintaan terhadap minyak kelapa sawit, profitabilitas perusahaan yang meningkat serta kuatnya arus proteksi kas dan likuiditas," kata analis Pefindo Ronald Hertando dan Niken Indriarsih dalam keterangan tertulisnya.
     
    Tetapi, kata mereka, peringkat masih dibatasi dengan profil perkebunan kelapa sawit yang tua baik milik sendiri maupun plasma, menurunnya produksi tandan buah segar dari plasma dalam jangka waktu menengah, serta fluktuasi harga komoditas.
     
    PTPN V adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet serta menghasilkan tandan buah segar, minyak sawit mentah, palm kernel, dan karet.
     
    Hingga per 30 September 2007, luas area perkebunan milik perusahaan mencapai 160.559 hektare, terdiri dari kebun sawit sebesar 131.210 hektare, dan kebun karet sebesar 29.349 hektare. Kegiatan operasional perusahaan didukung oleh 12 pabrik pengolahan kelapa sawit, empat pabrik pengolahan karet dan 16.131 karyawan. (tw) SLt