• Meneg BUMN : Belum Dipastikan Jadwal Privatisasi PTPN 3

    Analisa 17/9 Medan. Menteri Negara BUMN, Sofyan Jalil mengatakan, jadwal pelepasan saham (privatisasi) perusahaan perkebunan PTPN 3 ke pasar bursa belum dapat dipastikan. “Saya masih belum dapat memastikan apakah, PTPN 3 termasuk BUMN yang akan diprivatisasi, pada tahun ini atau tahun depan. Tapi kalau privatisasi itu memang akan menghasilkan hal yang bagus, pasti kita dukung.” Kata Sofyan Jalil kepada wartawan di Bandara Polonia, Minggu (169).

    Sebab, katanya, hingga saat ini masih belum diketahui sejauh mana perkembangan terakhir rencana pelepasan saham perdana (IPO) perusahaan yang bergerak di sector perkebunan kelapa sawit itu.

    ”Intinya, kalau memang melalui privatisasi PTPN 3 akan lebih maju, lebih berkembang, dan lebih cepat pertumbuhannya, maka pasti akan kita lakukan penjualan sahamnya ke pasar bursa,” sebut Sofyan.

    Begitupun, dia mengakui jika perusahaan yang telah mendaftarkan dirinya ke pasar bursa dan menjadi perusahaan terbuka (go public), akan memiliki kinerja yang lebih baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh PT Astra Agro Lestari Tbk dan London Sumatera Tbk.

    “Artinya, perusahaan yang sudah mendaftarkan dirinya di pasar bursa akan memiliki kinerja yang lebih baik, seperti PT Astra Agro Lestari Tbk dan London Sumatera Tbk,” katanya.

    Dia menilai ide privatisasi PTPN 3 merupakan ide yang bagus untuk kemajuan. Walaupun hingga saat ini dia masih belum tahu, apakah PTPN 3 termasuk yang akan diprivatisasi pada tahun depan (nai) SLt.